Saturday, May 8, 2010

postheadericon Ikan Lokal Kalimantan Selatan

1. Klasifikasi
Secara taksonomi dan sistematis Weber dan Beaufort (1922), direvisi oleh Ng dan Lim di dalam Kottelat et al (1993), mengklasifikasikan ikan Gabus dalam :
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Subphylum : Vertebrata
Kelas : Pisces
Subkelas : Teleostei
Ordo : Labyrinthychy
Family : Channidae
Genus : Channa
Spesies : Channa striata (Kottelat el al, 1993)
Synonim : Ophiocephalus striatus (Weber dan Beaufort, 1922)
Nama Inggris : Head snake
Nama Indonesia : Ikan Gabus
Nama Daerah : Haruan (Kalimantan Selatan).

2. Morfologi Ikan “Haruan”
Kottelat et al (1993) mengemukakan bahwa ikan ini disirip punggungnya terdapat 38 – 43 jari-jari lemah, sirip dubur mempunyai 23– 27 jari-jari lemah, terdapat 52 – 57 sisik pada gurat sisi; panjang total maksimum yang pernah diketahui adalah 90 cm. Sisi badan mempunyai pita warna berbentuk “V”, mengarah kebagian atas umumnys tidak jelas pada ikan dewasa; ada 4 – 5 sisik antara gurat sisi dan pangkal jari-jari sirip punggung bagian depan.

3. Penyebaran dan Habitat
Penyebaran ikan ini berada di lingkungan Sunda, Sulawesi, Lesser Sunda, Maluku, India, Indochina, Srilangka, Philiphina dan China (Kottelat, et al 1993). Di Kalimantan Selatan terdapat hampir disemua jenis perairan umum (rawa monoton, rawa pasang surut, sungai kecil dan waduk). Habitat ikan ini di lahan basah Sungai Negara Kal-Sel dan sungai-sungai kecil, danau dan rawa (Chairuddin, 1990).

Beberapa jenis ikan lokal ekonomis yang sangat digemari oleh masyarakat Banjar (dalam kaitan dengan budaya masyarakat Banjar) adalah Ikan Gabus (Channa = Ophiocephalus striatus) dengan nama umum “murrel” atau “snake head” (Weber dan Beaufort, 1922 dirivisi oleh Ng dan Lim di dalam Kottelat et al, 1993). Nama daerah untuk ikan ini adalah “haruan”. Ikan ini menjadi bahan utama untuk makanan yang dikenal dengan nama “ketupat kandangan”, tidak menjadi makanan “ketupat kandangan” kalau tidak menggunakan ikan “haruan”. Jenis makanan ini sangat digemari oleh masyarakat Banjar.

Karakteristik khas jenis ikan “haruan” adalah kemampuannya bertahan pada kondisi perairan yang ekstrim sepert i : kandungan oksigen yang rendah, pH rendah dan tidak memerlukan air yang mengalir. Karakteristik yang demikian dimiliki oleh perairan rawa sehngga hanya beberapa jenis ikan introduksi saja yang mampu mengadaptasinya selebihnya adalah jenis-jenis ikan lokal.

Provinsi Kalimantan Selatan, memiliki hamparan rawa yang luas, serta sungai-sungai membelah berbagai wilayah ini sehingga memungkinkan aneka ikan lokal berkembang biak dan terdapat puluhan bahran ratusan spiciesikan lokal di wilayah ini.

Ikan lokal yang paling populer di wilayah Kalsel, adalah haruan (gabus), papuyu (betok) bakut (betutu), lais, sapat siam, sapat biasa, biawan, patung, pentet (lele), tauman, kihung, mihau, karandang, kapar, kalatau, tutumbuk banir, timah-timah, bangkinangan, julung-julung, marangan, dan ikan walut.
Semua ikan yang disebut di atas umumnya hidup dan berkembang di rawa-rawa kawasan lahan berambut, atau lahan lebak yang terlihat hamparan luas, seperti di kawasan Danau Panggang, Babirik, Alabio, Mahang, Amuntai, serta kawasan lainnya.

Sementara sungai-sungai yang membelah Kalsel, seperti Sungai Balangan, sungai Amandit, Sungai Tabalong, Sungai Martapura, Sungai Riam Kanan, Sungai Riam Kiwa, Sungai Nagara dan sungai-sungai yang lain mengandung spicies ikan sungai.

Ikan-ikan sungai yang terdata seperti jelawat, baung, sanggang, barahmata, kelabau, pipih (belida), patin, puyau, mangki, sanggiringan, adungan, tapah, tangara, kalui, tilan, sisili, dan iwak junu.
Sedangkan di perairan air payau hingga air asin di muara sungai arah ke laut, dikenal dengan ikan lundu, bandeng, sandilang, utik, menangin, telang, tanggiri, gulama, kakap, panting, puput, pare, sutung, dan sebagainya.

Add to Delicious Digg It!
I Like It! Tweet It!
Add to Technorati Add to Facebook!

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Welcome ......

Selamat Datang Di BLOG kabarsatui.

Blog ini berisikan tentang berbagai hal yang terjadi di sekitar Satui, mulai dari masalah Sosial, Budaya, Pendidikan, Kesehatan, Wisata dan berbagai hal menarik lainnya.








Kami mengundang para penulis untuk bergabung di blog ini, karena Kami mengharapkan Blog ini dapat menjadi wadah bagi semua masyarakat Satui!!! Bagi yang ingin tulisannya dimuat disini, silakan kirim tulisan ke email kabarsatui@gmail.com


===================

Admin juga mengundang kepada para advertiser yang ingin mengiklankan produknya di blog ini. Untuk memasang iklan di blog ini hanya Rp.60.000,-/ bulan dengan segala ukuran. Jika berminat silakan menghubungi admin ke kabarsatui@gmail.com


silakan baca dan comment ya!!!!!




Daftar Isi Blog Ini .....

Blog Archive

Buku Tamu

Langganan Via Email

Jika Anda Menyukai Artikel Blog ini, Masukan Alamat Email Anda Pada Kolom di Bawah, Maka Anda Akan Mendapatkan Kiriman Email Setiap Kali Ada Posting Baru. Terima Kasih Atas Partisipasinya

Ketikkan Alamat Email Anda:

Powered By FeedBurner

IP